Manfaat Kuning Telur Bagi Kesehatan

manfaat kuning telur
Konsumsi telur merupakan salah satu hal yang lazim dilakukan dimanapun. Hal ini tidak terlepas dari rasanya yang memang sangat lezat dan harga jualnya yang cukup terjangkau. Selain dua hal tersebut, salah satu alasan mengapa konsumsi telur meningkat dari waktu ke waktu adalah karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Jika kita mengenal putih telur sebagai sumber protein yang sangat baik bagi tubuh, maka manfaat kuning telur pun ternyata tidak kalah dengan putih telur. Berikut ini ulasan lengkap mengenai manfaat kuning telur bagi kesehatan :



1. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Berdasarkan penelitian kuning telur mengandung berbagai vitamin. Beberapa vitamin tersebut antara lain Vitamin A, D, E, Kserta Vitamin B6. Sementara mineral yang terkandung dalam kuning telur meliputi kalsium, folate, zat besi, dan copper.

2. Bermanfaat Bagi Kesehatan Rambut

Kuning telur tidak hanya berfungsi sebagai makanan bergizi, tetapi juga sangat bermanfaat untuk rambut dan telah digonakan sebagai bahan perawatan rambut tradisional selama bertahun-tahun. Karena banyaknya kandungan vitamin didalamnya, kuning telur dapat membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan kesehatan rambut sehingga lebih berkilau dan menjaga tekstur rambut. Kuning telur melindungi rambut dari efek negatif dari klorin, polusi, dan sinar UV.

3. Bermanfaat Bagi Kesehatan Mata

Kuning telur merupakan salah satu sumber utama dari karotenoid, yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid adalah bentuk dari zeaxanthin dan lutein yang sangat mudah untuk diserap tubuh. Kedua jenis karotenoid ini berkumpul di belakang mata dan melindungi mata terhadap macular degeneration (masalah mata yang berkaitan dengan usia).

4. Kaya Akan Omega 3 dan Omega 6

Kuning telur merupakan sumber Omega-3, asam lemak yang penting untuk pengembangan yang tepat bagi fungsi otak dan fungsi retina mata. Omega-6 merupakan asam lemak yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit, libido, rambut, reproduksi, respon terhadap cedera dan pertumbuhan. Kedua asam lemak ini dibutuhkan terutama oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan, wanita hamil dan ibu menyusui. Kedua zat ini juga penting bagi orang yang menderita penyakit degeneratif seperti penyakit Alzheimer.

5. Menjaga Kesehatan Tubuh

Orang-orang yang mengkonsumsi kuning telur secara reguler diketahui memiliki pencernaan yang lebih baik, stamina meningkat, dan resistensi yang tinggi terhadap penyakit. Dengan demikian, kuning telur merupakan makanan yang membantu untuk menjaga kesehatan umum tubuh.

Berbagai manfaat kuning telur lebih besar daripada kerugian yang terkait dengan penggunaannya. Kerugian yang sering kali dilaporkan pada konsumsi kuning telur adalah meningkatnya kolesterol dalam tubuh serta timbulnya alergi pada beberapa orang. Jika Anda tidak bermasalah dengan kedua hal tersebut, tidak ada salahnya untuk membiasakan diri untuk mengkonsumsi telur agar dapat mengambil manfaatnya bagi kesehaan tubuh.