Cara Membuat Telur Asin Aneka Rasa

Cara Membuat Telur Asin Aneka Rasa
Telur merupakan salah satu sumber protein dan pembangun gizi bagi manusia. Telur mengandung berbagai vitamin serta mineral yang banyak dijumpai pada bagian kuningnya. Telur juga memiliki kandungan omega-3, yakni asam lemak jenuh yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Omega 3 ini tak bisa diciptakan secara alamiah oleh tubuh kita. Jalan satu-satunya mendapatkan asam lemak ini adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3, salah satunya adalah telur. Saat ini telur telah mengalami berbagai sistem olah, salah satu yang terbaru adalah telur asin aneka rasa. Cara membuat telur asin aneka rasa ini pun cukup mudah. Anda bahkan bisa membuatnya dari rumah sendiri.

Langkah Awal Pembuatan Telur Asin Aneka Rasa

Untuk meracik telur asin aneka rasa, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih telur yang berkualitas. Selama ini, jenis telur yang banyak digunakan dalam usaha telur asin adalah telur itik. Hal ini dikarenakan, telur itik memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan cenderung mudah rusak. Untuk memilih telur itik yang masih baik, langkahnya cukup mudah. Masukkan telur itik ke dalam wadah berisi air. Perhatikan, apabila telur tenggelam maka hal tersebut berarti telur layak untuk diolah.


Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bahan. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah abu gosok atau bubuk bata merah, bubuk garam atau garam kasar, wadah untuk membuat adonan, wadah untuk menyimpan telur serta penambah rasa pada telur tergantung varian apa yang hendak Anda buat.

Proses Pembuatan Telur Asin

Setelah bahan-bahan siap, selanjutnya yang Anda lakukan adalah membuat adonan garam. Langkah pertama adalah campurkan bahan-bahan abu gosok atau bubuk bata merah dalam wadah bersama bubuk garam serta campuran bahan penambah rasa, misalnya jahe. Untuk membuatnya kental, tambahkan air secukupnya. Setelah dihasilan kekentalan yang pas, balurkanlah adonan tersebut pada telur yang telah dibersihkan sebelumnya. Setelah itu simpanlah dalam wadah penyimpanan yang telah disediakan selama tujuh hari hingga sepuluh hari, tergantung kadar asin yang Anda inginkan.

Selain membaluri telur dengan adonan garam tadi, cara membuat telur asin aneka rasa juga bisa dengan metode perendaman telur bersama adonan garam tadi. Caranya, susun telur itik yang telah dibersihkan dalam wadah dengan hati-hati. Setelah itu tuang semua adonan ke dalam wadah tersebut. Pastikan semua telur tertutupi adonan dengan sempurna. Masa perendaman sama dengan masa pembaluran, tujuh hingga sepuluh hari tergantung pada selera Anda.

Secara umum, cara membuat telur asin aneka rasa cukup mudah. Prosesnya sama persis dengan pembuatan telur asin rasa original. Perbedannya hanya pada tambahan bahan sumber rasa seperti jahe, cabe, jeruk, bawang putih dan lain-lain. Bahan ini ikut dicampurkan pada adonan pemberi rasa. Selamat mencoba!